Video: Park Gate Dubai Oase Padang Gurun Dengan Tenaga Surya

Hanya karena sebuah gedung berada di padang pasir tidak berarti gedung itu panas – setidaknya itulah yang ada dalam benak Adrian Smith + Gordon Gill saat mendesain mixed-use development, Park Gate. Proyek ini terdiri dari enam menara yang melengkung yang ditutup dalam sebuah kanopi bertenaga surya, dilengkapi dengan taman-taman yang menggantung dan kolam yang berfungsi sebagai peredam panas. Terinspirasi dari souq Timur Tengah, Park Gate akan menjadi tempat peristirahatan, bersosialisasi dan melakukan transaksi bisnis di jantung kota Dubai.

Park Gate ditetapkan menjadi proyek pengembangan mixed-use seluas 4,7 juta kaki persegi yang memiliki kantor, ritel dan sebuah hotel. 6 menara melengkungnya akan dikelompokkan secara berpasangan dan ditutup dengan sebuah kanopi kubah yang ringan yang akan menjadi tempat berteduh bagi bagian dalam, mengurangi suhu sekitar 10-15 derajat. Panel surya memenuhi atap kanopi menyediakan energi yang diperbaharui untuk pengembangan dan juga menyediakan struktur untuk teralis dan taman-taman yang menggantung. Taman-taman yang menggantung diairi dengan sistem pengairan yang efisien dan membantu mendinginkan udara di sekitarnya.

Ditujukan untuk mengurangi panas matahari dan menerima ventilasi alami secara optimal dalam bentuk angin sepoi-sepoi, struktur berbentuk busur ini akan menyediakan tempat berteduh yang sejuk. Kolam yang berair laut bertindak sebagai peredam panas, menyerap panas selama siang hari dan melepaskannya selama malam hari. Tanaman-tanaman yang tahan terhadap kekeringan ditanam sepanjang taman-taman dan tanaman-tanaman asli dari sana yang tahan terhadap air laut ditanam di dekat kolam yang mana ini akan mengurangi penggunaan air minum.

View Source: Adrian Smith + Gordon Gill Architecture

This entry was posted in adrian smith + gordon gill, aristektur, Dubai, mixed-use development, park gate. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s