Superkomputer NVidia 1000X Lebih Cepat Dari Superkomputer Tercepat Saat Ini

Jelas sekali kalau GPU akan segera memainkan peranan penting dalam superkomputer sekarang ini. Hari ini Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), divisi riset dan pengembangan departemen pertahanan AS mengucurkan dana sebesar $25 juta (Rp 225,5 Milyar dengan kurs $1=Rp 9020) kepada NVidia untuk membuat sebuah sistem GPU berperforma tinggi.

Kontrak riset empat tahun yang diberikan di bawah program Ubiquitous High Performance Computing (UHPC) ini meliputi pengembangan teknologi GPU yang dibutuhkan untuk membangun superkomputer exascale yang 1000X lebih cepat dari superkomputer tercepat saat ini.

Tim ini – termasuk Cray Inc., Oak Ridge National Laboratory dan enam universitas terbaik AS – didanai oleh DARPA untuk memenuhi tantangan di mana arsitektur komputasi konvensional sudah mencapai batas dalam hal penggunaan energi dan tidak akan bisa memenuhi tantangan komputasi exascale. Tim riset ini berencana mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras baru untuk meningkatkan secara drastis performa komputasi, programabilitas dan keandalan.

“Ini merupakan suatu pengakuan kepada investasi besar NVidia di dalam bidang pemrosesan paralel dan posisi Komputasi GPU sebagai salah satu jalan paling menjanjikan menuju era komputasi exascale,” ujar Bill Dally, chief scientist dan senior vice president of research NVidia, dan principal investigator tim ini.

Selain tim yang dipimpin NVidia, DARPA juga memberikan kontrak kepada tiga tim lain untuk mempelajari sistem UHPC. Prototipe sistem ini diharapkan selesai pada tahun 2018. Penulis membayangkan bagaimana kalau superkomputer ini dipakai untuk merender misalnya film Transformer. Mungkin hanya dalam waktu 24 jam, rendernya sudah selesai.

View Source: DARPA

This entry was posted in cray inc, darpa, exascale, GPU, Nvidia, oak ridge national laboratory, superkomputer, UHPC. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s