HDD Next Gen 100TB Dari Seagate

Sekarang kita ada di masa di mana ukuran-ukuran file semakin membengkak. Ditambah sekarang internet broadband semakin mudah diakses sehingga kita makin sering mendownload file-file berukuran besar seperti video-video dari youtube atau vimeo. Otomatis kapasitas harddisk yang ada sekarang ini semakin tidak memadai. Untung saja ada teknologi baru dari Seagate yang memungkinkan harddisk memiliki kapasitas 100TB.


Seagate percaya bahwa akan harddisk perpendicular magnetic recording (PMR) masih akan bertahan untuk beberapa waktu dan sebuah teknologi baru akan diperlukan dalam 3-5 tahun ke depan karena PMR mungkin akan mencapai batas kemampuannya. Pada saat itu industri TI memiliki pilihan antara patterned media atau heat-assisted magnetic recording (HAMR) untuk mengurangi jarak antara bit dalam harddisk dan meningkatkan maximum areal density. Pihak Seagate sendiri menolak menyebutkan secara persis berapa potensi HAMR, tapi pihak Seagate mengatakan mereka mengharapkan teknologi ini mampu mencapai 50 Tb/inci2. Jika harddisk 3,5 inci masih bisa bertahan pada saat itu, kita akan melihat harddisk PMR memiliki kapasitas 5-6 TB. Sementara HAMR yang memiliki potensi 50X dari PMR, akan mampu membuat harddisk berkapasitas 100TB dan mungkin 200-300TB pada tahun 2020-2025.

Kalau mengingat fakta bahwa harddisk pertama yang memiliki kapasitas 4,4 MB di 50 disk 24 inci, ini benar-benar prospek yang menakjubkan. Bayangkan sebuah harddisk yang mampu menyimpan 250 juta MP3 atau 250 juta foto 12 Megapiksel. Atau 2000 film Blu-ray atau ratusan film 3D. Meski besaran data konten akan terus berkembang, kapasitas harddisk juga akan berkembang. Bahkan jika teknologi HAMR mencapai batasnya, teknologi harddisk akan terus berkembang. Jika tren ini terus berlanjut, kita akan melihat harddisk akan menjadi teknologi penyimpan yang terjangkau sampai 2025. Flash tidak akan mampu menyamai harddisk dalam hal harga, kapasitas dan performa, setidaknya dalam waktu dekat.

View Source: Tomshardware

This entry was posted in HAMR, harddisk, PMR, seagate, storage. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s