Turbin Angin Ultra Efisien Masa Depan

Kalau para mania tekno mendengar kata turbin angin, yang pertama kali terbayang di dalam benak para mania tekno pasti sebuah turbin angin yang memiliki tiga baling. Sekarang sudah saatnya gambaran itu diganti karena turbin ultra efisien masa depan rancangan Profesor Yuji Ohya dari Universitas Kyushu ini benar-benar berbeda.

Ohya dan timnya baru-baru ini memperkenalkan Wind Lens, bangunan yang mirip sarang lebah yang meningkatkan tiga kali jumlah energi angin yang bisa dihasilkan oleh turbin lepas pantai.

Wind Lens diperkenalkan bulan ini dalam Yokohama Renewable Energy International Exhibition 2010. Cara kerja turbin angin ini mirip dengan kaca pembesar yang memperkuat cahaya dari matahari – kecuali dalam kasus ini, lensa ini memperkuat aliran angin. Desain Ohya tidak memiliki banyak bagian yang bergerak – yang ada hanya sebuah bundaran besar yang memperbesar tenaga angin dan sebuah turbin yang diputar oleh angin yang ditangkap oleh bundaran itu. Setiap lensa yang berdiameter 112 meter ini mampu menghasilkan energi dua-tiga kali lipat lebih besar dari turbin angin biasa dan pada saat yang bersamaan juga mampu mengurangi polusi suara dan meningkatkan keamanan.

Ohya tidak tahu jika apakah lensa ini akan diproduksi secara komersil, tapi turbin hasil rancangannya bisa memberikan alternatif yang lebih menarik secara estetika daripada turbin lepas pantai.

View Source: cnngo

This entry was posted in green technology, turbin angin, universitas kyushu, wind lens, yuji ohya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s