Rumah Paling Ultra Efisien Di Denmark

Rumah super modern yang terletak di dekat Aarhus di Denmark ini mengemas banyak teknologi ramah lingkungan ke dalam satu denah, sehingga memungkinkannya menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dibutuhkan. Didesain dan dibangun untuk menjadi sangat efisien dalam energi, ramah lingkungan, dan ditenagai oleh tenaga surya, zero-plus Home For Life ini adalah eksperimen dari VKR Holding yang bekerja sama dengan VELUX, VELFAC, SONNEKRAFT dan WindowMaster bersama dengan AART Architects untuk menciptakan rumah masa depan yang berkesinambungan. Sebuah keluarga sudah menempati rumah dua kamar ini yang berukuran 2.045 kaki persegi  itu selama 14 bulan dan melaporkan aktivitas mereka dan performa rumah ini untuk meningkatkan desain di masa mendatang.

Home for Life ini merupakan satu dari delapan bangunan eksperimen yang dibangun oleh VKR Holdings untuk mengembangkan sebuah rumah masa depan yang berkesinambungan.

Rumah ini didesain dengan menggunakan prinsip Active House, yang memiliki desain yang efisien dalam hal energi, pencahayaan dengan sinar matahari dan pembaharuan energi.

Setiap ruangan memiliki setidaknya dua dinding dengan jendela, jadi rumah ini banyak menggunakan pencahayaan yang alami.

Kendali yang pintar mengatur penggunaan energi rumah ini. Sistem otomatis mematikan lampu saat kamar itu tidak digunakan dan membuka jendela untuk ventilasi alami.

Selama musim dingin, ventilasi mekanis yang mampu menghasilkan panas digunakan agar udara yang dingin bisa dipanaskan tanpa harus menggunakan energi tambahan.

Jendela rumah ini meliputi 40% dari total luas lantai rumah ini, dua kali lipat lebih banyak dari rumah biasa.

Active House mirip dengan prinsip desain Passive House, tapi Active House menggabungkan lebih banyak pencahayaan sinar matahari dan memanfaatkan perangkat “smart home” untuk mengoptimalkan penggunaan energi.

Mendesain dan membangun sebuah rumah yang pintar dan efisien dalam hal energi itu sudah merupakan hal biasa, tapi baru sedikit saja penelitian yang diadakan untuk melihat seberapa rumah ini bisa ditempati. Data yang dikumpulkan dari eksperimen ini sangat penting untuk desain yang akan datang.

Keluarga ini melaporkan betapa nyamannya mereka dengan kendali otomatis.

Atap yang menghadap ke selatan ini memiliki sistem fotovoltaik, sistem pemanas air dengan tenaga surya dan skylight

Sistem energi rumah ini sudah dioptimalkan seluruhnya dan bekerja bersama untuk meminimalkan penggunaan energi.

Atap adalah kunci dari desain ini – atap ini menggabungkan pembangkit energi yang diperbaharui, skylight untuk pencahayaan alami, dan jendela yang bisa digerakkan untuk pendinginan.

Skema House of Life

This entry was posted in AART Architects, green technology, ramah lingkungan, rumah, SONNENKRAFT, VELFAC, VKR Holding VELUX. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s