Inovasi Baru Boeing, Lebih Hemat 70% Bahan Bakar

Setelah MIT mengeluarkan pesawat yang bisa menghemat 70% bahan bakar. Sekarang giliran Boeing yang tidak mau ketinggalan. Dengan bekerja sama dengan General Electric dan Georgia Tech, Boeing baru saja memperkenalkan konsep SUGAR Volt mereka yang inovatif yang ditenagai oleh sistem penggerak hibrid turbin gas tenaga baterai yang bisa menghemat penggunaan bahan bakar sebesar 70%.

Program N+3 menugaskan MIT, GE Aviation, Northrop Grumman, Boeing untuk merancang transportasi udara masa depan. Masing-masing tim diberi tugas untuk merancang pesawat komersial subsonik atau supersonik dan Boeing diberi tugas untuk merancang keduanya, baik subsonik atau supersonik. Pesawat konsep SUGAR Volt mengurangi penggunaan bahan bakar sampai lebih dari 70% dan total energi yang digunakan sebanyak 55% – sebagian dengan membuat kabel listrik pesawat ramah lingkungan – dan mengurangi emisi secara drastis selama pesawat itu dipakai.

Sistem penggerak elektrik hibrida juga memperpendek jarak lepas landas pesawat dan mengurangi kebisingan pesawat secara drastis. Boeing diberi tugas untuk merancang perjalanan udara 30 tahun ke depan dan mereka menemukan solusi untuk masalah operasional dan lingkungan yang ada dalam model pesawat sekarang. Sebagaimana yang dikatakan dalam laporan terakhir Boeing, konsep mereka jelas merupakan desain yang terbaik karena memiliki potensi performa yang lebih baik dari apa yang ditargetkan NASA. Mengurangi kebisingan dan emisi yang berkaitan dengan pemanasan global merupakan gagasan yang kita sukai, tapi sayangnya kita harus menunggu 30 tahun untuk melihat konsep ini terwujud. Boeing dan perusahaan lain yang terlibat dalam penelitian NASA sudah mengirimkan laporan mereka dan setelah direview, beberapa perusahaan ini akan menerima dana untuk mengembangkannya lebih lanjut. Semoga saja dengan adanya teknologi ini, ke depannya penerbangan akan semakin terjangkau.

View Source: Boeing

This entry was posted in boeing, GE Aviation, general electric, georgia tech, MIT, N+3, NASA, northrop grumman, subsonic, subsonik, sugar volt, supersonic, supersonik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s