Video: Fujin Motor Tenaga Surya, Jakarta-Bandung Hanya 200 Perak!!!

Belakangan ini semakin marak motor atau mobil yang menggunakan bahan bakar selain dari bensin. Dulu kita pernah membahas motor listrik Roehr dan Brammo dari AS. Sekarang giliran bangsa Jepang tidak mau kalah. Hama Zero sebuah perusahaan dari Jepang memamerkan motor tenaga surya Fujin dalam EVEX 2010.

Fujin merupakan motor listrik yang ditenagai dengan panel surya. Pada saat hujan atau mendung, motor ini bisa diisi ulang dengan stop kontak di rumah. Motor ini bisa menempuh 220 km (Jakarta-Bandung hanya 146 km jika melalui jalan tol Cikampek – tol Cipularang) jika baterainya penuh. Biaya listrik yang dikeluarkan untuk mengisi penuh motor ini kira-kira sama dengan biaya listrik untuk menyalakan AC selama satu jam. Dengan kata lain, motor ini bisa menempuh jarak 220 km kurang dari 2 yen (Rp 210).

“Panel suryanya terletak di bagian belakang motor. Jika para mania tekno menempuh jarak 50 km untuk pergi ke kantor, para mania tekno bisa mengendarainya di pagi hari dan membiarkan motor ini diisi ulang dengan tenaga surya. Saat waktunya pulang, tenaga motor ini sudah terisi penuh. Jadi sama sekali tidak ada biaya yang dikeluarkan. Motor ini memiliki kecepatan puncak 72 km/jam. Karena motor ini menggunakan tenaga listrik, motor ini bisa digunakan di jalan raya. Karena motor ini masih dalam tahap pengembangan dan belum diproduksi jadi masih belum ada info mengenai harga.

View Source: engadget

This entry was posted in brammo, evex 2010, fujin, motor listrik, roehr, tenaga surya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s