Mungkinkah Samsung Galaxy Mengalahkan iPhone 4?

Setelah kita membandingkan iPhone 4 dengan BlackBerry Torch. Bagaimana kalau kali ini kita bandingkan iPhone 4 dengan smartphone yang menggunakan Android? Kita bandingkan saja dengan smartphone Samsung Galaxy S.

Meski Samsung Galaxy S ini sangat menjanjikan, tapi apakah smartphone andalan Samsung ini bisa mengalahkan iPhone 4?

Layar:
Samsung Galaxy S memiliki layar super-AMOLED 4 inci dengan resolusi 480X800 piksel. Layarnya besar dan tajam dan menurut kami ini adalah fitur terbaik dari Samsung Galaxy S, dan mungkin merupakan layar smartphone terbaik.
Meski begitu, layar 3,5 inci iPhone 4 640X960 piksel yang dilengkapi lapisan anti gores juga sangat mengagumkan. Dalam hal ini kami memilih Galaxy S dikarenakan layarnya lebih besar dan lebih tajam.
Pemenang: Samsung Galaxy S

Kamera:
Samsung Galaxy S memiliki kamera 5 megapiksel yang terletak di bagian belakang. Tidak ada lampu kilat atau anti-shake filter atau video calling seperti iPhone 4. Meski begitu kamera Samsung memungkinkan HD video recording, meski kami tidak yakin dengan kualitasnya jika merekam dalam kondisi yang pencahayaannya kurang dan tanpa lampu kilat. Samsung Galaxy S juga memiliki kamera kedua di bagian depan untuk melakukan video calling.
Sedangkan iPhone 4 selain memiliki kamera 5 megapiksel di bagian belakang dengan lampu kilat LED, iPhone 4 juga memiliki kamera VGA di bagian depan untuk memotret diri sendiri dan melakukan panggilan FaceTime. Kamera bagian belakang bahkan mendukung HD video recording dengan resolusi 720p dengan 30 fps.
Kami memandang lampu kilat ini sebagai suatu keunggulan karena ini berarti iPhone 4 siap untuk dipakai dalam situasi di mana pencahayaannya kurang.
Pemenang: iPhone 4

Prosesor:
Baik Samsung Galaxy S dan iPhone 4 memiliki prosesor 1GHz. Prosesor Galaxy S adalah prosesor ARM Cortex A8 1GHz, sedangkan iPhone 4 menggunakan prosesornya sendiri Apple A4, meski begitu prosesor A4 ini memiliki struktur yang sama dengan prosesor Samsung.
Kita sudah melihat kemampuan prosesor Apple A4 di iPad dan kemampuannya luar biasa baik.
Samsung harus berjuang keras dalam area ini, meski begitu kami cukup yakin Samsung akan memberi perlawanan sengit dan mungkin akan menang.
Pemenang: Samsung Galaxy S

Sistem Operasi:
Samsung Galaxy S memakai Android 2.1 dengan user interface TouchWiz. Sistem operasi ini menawarkan dukungan untuk Outlook, lebih banyak homescreen dan Flash Lite v3.1. Android juga menawarkan multitasking penuh tidak seperti Apple yang mana ini merupakan suatu keunggulan di mata kami.
iPhone 4 berjalan dalam sistem operasi iOS4. Salah satu fiturnya adalah wallpaper homescreen yang bisa diubah-ubah, multitasking, dan sebuah software audio controller yang bekerja dengan background audio app mana saja, bukan hanya iPod app.
Meski demikian, App Store Apple sulit dikalahkan, meski Android cukup cepat mengejar dalam segi jumlah.
Pemenang: iPhone 4

Pemenang secara keseluruhan
Sulit untuk menandingi iPhone 4 tapi Samsung Galaxy S ini benar-benar memberikan perlawanan sengit. Jika para mania tekno lebih menginginkan smartphone yang lebih efisien dalam biaya, Samsung Galaxy S merupakan pilihan baik. Samsung Galaxy S ini merupakan smartphone berkualitas tinggi yang memiliki keunggulan dari platform open source Androidnya. Layarnya mengagumkan dan cukup besar untuk menjelajahi internet dengan nyaman, tapi kami tidak yakin user interface TouchWiznya sama user friendlynya dengan Apple.

This entry was posted in ANDROID, apple, ios4, iphone 4, samsung galaxy s. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s