iPhone 4 VS BlackBerry Torch, Fight!!!

Sebagaimana yang para mania tekno ketahui, kemarin RIM merilis BlackBerry Torch 9800. Ini merupakan upaya terakhir dari RIM untuk merebut hati konsumen dari kalangan non-business, dengan kata lain, para konsumen biasa yang selama ini memilih iPhone dan Android daripada BlackBerry. Jadi mari kita bandingkan BlackBerry Torch dan iPhone 4.

Salah satu perbedaan terbesar dan terpenting antara BlackBerry Torch dan iPhone 4 adalah sistem operasi yang digunakan smartphone ini. Banyak ulasan yang mengatakan iOS4 adalah produk yang hebat, meski iOS4 memiliki masalah dengan keamanannya baru-baru ini. Sedangkan Torch menggunakan sistem operasi BlackBerry 6 yang baru, yang diluncurkan bersamaan dengan Torch.

BlackBerry 6 tetap mempertahankan fitur-fitur messaging dan produktivitas yang disukai oleh para pengguna BlackBerry, tapi sistem operasi ini juga memiliki fitur jaringan sosial dan media untuk menarik konsumer biasa yang mengharapkan fitur-fitur ini dari sebuah smartphone. Meski demikian, rata-rata pengguna smartphone masih lebih memilih kesederhanaan interface iPhone daripada BlackBerry 6.

BlackBerry Torch memiliki keunggulan bagi para mania tekno yang lebih memilih keyboard atau para mania tekno yang masih belum mau mengetik di layar sentuh, sedangkan iPhone tidak memiliki keyboard, jadi tidak bisa dibandingkan. Torch juga memiliki layar sentuh yang mana ini jarang ditemukan dalam perangkat-perangkat BlackBerry, dan memanfaatkan banyak multitouch gesture untuk melakukan navigasi seperti smartphone layar sentuh lainnya.

Area lain di mana BlackBerry unggul adalah dalam mobile browsing. WebKit Browsernya yang baru sudah diuji dan terlihat lebih cepat daripada browser dalam iPhone 4. WebKit browsernya mencetak angka yang jauh lebih baik daripada iPhone atau Android dalam tes Acid3, ini menunjukkan pengalaman menjelajah internet yang lebih cepat dan lebih baik.

Dalam area yang lain, BlackBerry Torch sama dengan iPhone 4, memiliki WiFi dan GPS tapi internal storagenya lebih kecil (4GB) daripada iPhone (16GB atau 32GB) namun Torch memiliki sebuah microSD card slot yang bisa ditingkatkan sampai 32GB. BlackBerry 6 juga memiliki media player yang mirip dengan iPhone, dengan cover art dan kemampuan mencari yang mengingatkan pada iTunes. Bahkan RIM menyediakan sebuah app store untuk Torch.

Namun dalam beberapa hal iPhone jauh mengungguli Torch. Misalnya iPhone app store jauh lebih baik dari BlackBerry App World 2.0 yang digunakan Torch. Yang kami maksud dengan lebih baik adalah dalam hal kuantitas dan kualitas aplikasi. iPhone juga mengalahkan Torch dalam hal umur baterai (iPhone: 7 jam waktu bicara, 10 jam video, 40 jam audio; Torch: 5,5 jam waktu bicara, 6 jam video, 30 jam audio) dan memiliki kamera di bagian depan untuk video conference.

Salah satu keunggulan terbesar iPhone 4 adalah dalam hal kualitas layar. Torch memiliki resolusi 480X360. iPhone 4 melangkah lebih jauh lagi dengan resolusi layar tertinggi bagi sebuah smartphone: 960X640. Teknologi Retina Display di dalam iPhone merender gambar jauh lebih tajam daripada smartphone manapun, apalagi Torch.

Di atas semua itu, prosesor A4 iPhone 4 juga jauh lebih bertenaga daripada prosesor BlackBerry Torch, ini membuat iPhone 4 lebih sigap dan responsif.

Torch memang bisa membawa BlackBerry kembali ke dalam kancah persaingan, tapi itu saja, tidak lebih. Dan itu berarti RIM harus bekerja lebih keras lagi untuk menghadapi iPhone yang sudah memimpin dan selalu memberi inovasi baru.

This entry was posted in ANDROID, blackberry, blackberry 6, blackberry 9800, blackberry torch, iphone, rim. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s