Video: Tangan Robotik Untuk Membantu Orang Lumpuh

Sepertinya zaman robot sudah di depan mata kita. Setelah pengembangan tangan robot yang mirip dengan film Terminator, lalu HULC Exoskeleton, kedua produk ini untuk pihak militer, sedangkan untuk penggunaan masyarakat pada umumnya juga ada Rex Exoskeleton. Sekarang giliran pihak Jepang – yang memang sudah dikenal gila dengan hal-hal yang berbau robot – mengembangkan sebuah tangan robotik untuk membantu penyandang cacat yang lumpuh yang dinamakan RAPUDA (Robotic Arm for Persons with Upper limb DisAbilities).

RAPUDA ini adalah sebuah perangkat yang bisa dipasang dan dilepas dari kursi roda yang beratnya hanya 13 pon (5,91 kg), namun robot ini bisa memperpanjang dirinya sampai lebih dari 1 meter dan sanggup mengangkat sebuah obyek sampai seberat 0,45 kg dari meja atau lantai. Gerakan robot yang lambat dan berisik ini mungkin akan membuat beberapa orang kesal, tapi ke depannya kemampuan RAPUDA – yang dikembangkan oleh Intelligent System of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) – akan semakin meningkat. Masih belum ada info harga karena produk ini masih dalam pengembangan.

View Source: AIST

This entry was posted in AIST, HULC, Intelligent System of Advanced Industrial Science and Technology, RAPUDA, Rex Exoskeleton, Robotic Arm for Persons with Upper limb DisAbilities, terminator. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s