Smartphone Jadi Kartu Kredit Segera Terwujud?

Itulah rencana AT&T Inc. dan Verizon Wireless, operator seluler terbesar di AS. Mereka sedang merencanakan sebuah kerja sama untuk menggantikan kartu kredit dan debit dengan smartphone. Hal ini akan menjadi ancaman baru bagi Visa Inc. dan MasterCard Inc.

Sebenarnya ini bukan ide baru sama sekali tapi jika tiga dari empat besar operator seluler di AS memutuskan untuk mendukungnya, mungkin ini waktunya bagi kita untuk menganggapnya serius. Bloomberg melaporkan bahwa AT&T, Verizon dan T-Mobile akan menguji NFC payment water di Atlanta dan tiga kota lain, kemungkinan ini juga akan didukung oleh Discover Financial Services dan Barclays Plc.

Layanan ini – mirip dengan layanan sudah tersedia di Jepang, Turki dan Inggris – akan menggunakan teknologi tanpa kontak sama sekali untuk melakukan proses pembelian di toko. Proses pembelian ini akan diproses melalui jaringan Discover, terbesar keempat setelah Visa, MasterCard dan American Express Co. Barclays akan menjadi bank yang membantu mengatur rekening-rekening.

Layanan ini akan mengharuskan para merchant untuk memiliki perangkat reader yang baru dan chip NFC di dalam ponsel. Tapi para mania tekno mungkin tidak akan keberatan mengeluarkan sedikit dana untuk membeli chip karena teknologi ini menjanjikan kemudahan lebih dari kartu kredit.

View Source: Bloomberg

This entry was posted in american express, AT and T, barclay, mastercard, Verizon, visa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s