Video Demo: Intel Silicon Photonics Link 50Gbps 10X Lebih Cepat Dari USB 3

Intel hari Selasa baru saja mengembangkan sebuah prototip interkoneksi yang menggunakan cahaya untuk mempercepat transmisi data di dalam komputer dengan kecepatan 50 gigabits per detik.

Para peneliti Intel mengatakan teknologi optik pada akhirnya akan menggantikan penggunaan kabel tembaga dan elektron untuk mentransmisikan data di dalam komputer. Sebuah film berdefinisi tinggi bisa ditransmisikan setiap detik dengan prototip ini, ujar para ilmuwan. Teknologi ini juga mampu mengangkut data lebih jauh dari kabel tembaga.

Chief Technology Officer Intel Justin Rattner mengatakan prototip ini sebagai suatu terobosan karena kabel tembaga sudah mencapai batas kemampuannya. Dengan semakin besarnya data yang perlu ditransfer, kecepatan transfer 10Gbps sudah tidak lagi memadai. Bahkan jika data itu bisa ditransfer melalui kabel tembaga dengan kecepatan itu, akan ada hambatan dalam hal jarak. Interkoneksi optik mengatasi masalah itu dengan memungkinkan transfer data dengan kecepatan lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh.

Laser sudah digunakan dalam berbagai perangkat seperti DVD player dan aplikasi seperti komunikasi jarak jauh. Teknologi laser bisa sangat mahal dan Intel ingin membuat teknologi tersebut semurah mungkin sehingga bisa diintegrasikan dengan perangkat sehari-hari. Intel berharap untuk mengembangkan kecepatan interkoneksi optik ini menjadi 1Tbps dengan meningkatkan jumlah saluran untuk meningkatkan transfer data.

Tapi untuk sementara, Intel sudah memberikan demonstrasi bagaimana cara kerja teknologi ini di dalam laboratorium. Langkah berikutnya adalah mengimplementasikannya ke dalam chip dan memproduksinya dalam jumlah besar. Teknologi ini mungkin bisa dinikmati publik pada tahun 2015. Jadi para mania tekno, bersabarlah, jangan berharap teknologi ini segera dijual di Mangga Dua.

View Source: Intel

This entry was posted in INTEL, silicon photonic, USB 3. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s