Video: Ford Explorer 2011 SUV Yang Ramah Lingkungan

Memang sekarang sedang tren yang namanya green technology. Belum lama ini Roehr dan Brammo mengeluarkan motor listrik yang tentunya jauh lebih ramah lingkungan dari motor biasa. Lalu juga tidak ketinggalan rumah ramah lingkungan yang dikembangkan Fab Lab House. Sekarang giliran Ford di mana Ford baru saja menyingkapkan tabir yang menyelimuti 2011 Ford Explorer.

Agak sedikit berbeda dengan yang sebelum-sebelumnnya di mana biasanya SUV generasi berikutnya lebih besar dan bertenaga dari generasi sebelumnya. 2011 Ford Explorer hanya sedikit lebih panjang dari pendahulunya, mesinnya lebih kecil, ketinggian mobil sedikit lebih rendah, dan secara keseluruhan kemampuan off-road dikurangi secara drastis. Editor-in-chief Jalopnik bahkan menyebutnya bukan SUV sama sekali.

New Explorer ini dibangun dengan platform unibody penggerak roda depan yang sekarang digunakan oleh Taurus dan Flex. Rangkanya yang kuat sekarang mendukung semua tiang penyokong dan lempengan logam eksterior. Tujuannya adalah mengurangi berat dan mengurangi biaya perakitan. Tapi karena SUV ini menggunakan platform mobil penumpang, berarti akan ada beberapa penyesuaian.

Mesin V8 yang biasa digunakan sekarang tidak lagi menjadi pilihan. Ini merupakan pertama kalinya sejak generasi 1991-1994 yang pertama saat mesin V8 masih belum tersedia. Kemungkinan untuk generasi mendatang juga tidak akan memakai mesin V8. Platform ini tidak didesain untuk mendukung mesin V8. Sebaliknya, 2011 Ford Explorer ini memiliki dua pilihan mesin: sebuah mesin V6 T-VCT 3,5 liter atau sebuah mesin EcoBoost I-4 2.0L. Perlu tenaga lebih lagi? Sebuah mesin V6 290hp (berpenggerak roda depan atau 4WD) adalah pilihan terbaik dengan kemampuan mengangkut beban seberat 5000 lbs (2260 kg). Mesin turbo I-4 2.0L hanya mampu membawa beban seberat 2000 lbs (907 kg). Kedua mesin ini  disandingkan dengan six-speed auto gearbox.

View Source: Ford

This entry was posted in 2011 Ford Explorer, ford, Ford explorer, ford taurus, green technology, ramah lingkungan, SUV. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s