6 Fitur Baru Firefox 4

Banyak orang yang menyukai Firefox meski Firefox tidak lebih cepat dari sebuah potato gun, Firefox sangatlah fleksibel dan mudah untuk disesuaikan dan sampai sekarang, Firefox sudah melakukan tugasnya dengan baik. Meski begitu, Chrome dan Opera sudah mengalahkan Firefox dalam hal kecepatan – dan mereka sudah mengejar dalam segi fitur – membuat Firefox dalam keadaan bertahan.

Versi beta terbaru Firefox sudah didesain agar bisa serasi dengan desain aeroglass Windows 7, dan memiliki fitur  user interface yang diperbaharui untuk mendapatkan kepercayaan dari para pengguna setia Chrome. Kami menghabiskan waktu seharian untuk membongkar fitur-fitur dan desain-desain baru. Inilah keenam fitur yang paling menonjol.

1) TABBED INTERFACE YANG BARU

Perubahan yang paling terlihat dalam interface Firefox adalah tabs ada di posisi atas (bagi para pengguna Windows – para pengguna OS X dan Linux tidak akan menemukan ini sebagai pilihan default mereka). Karena ini adalah Firefox, Anda selalu bisa menggantinya, tapi perubahan ini menimbulkan banyak komentar dari para pengguna – sebagian besar pengguna yang sekarang menyebut browser ini sebagai tiruan Chrome. Firefox jelas sudah mengantisipasi keluhan mengenai hal ini dengan menyiapkan video untuk membenarkan keputusan menempatkan tab di atas. Mereka mengklaim dengan tab ditempatkan di atas, menghasilkan satu kumpulan tampilan kontrol yang akan mempengaruhi tab yang aktif, menyatukan kontrol-kontrol ke lokasi yang efisien.
Para pengguna juga bisa mencari antar tab dengan menggunakan “awesome” bar, dan berpindah ke tab itu. Bahkan, keseluruhan user interface sudah sangat bergantung pada tab, karena itu banyak item yang tadinya terletak di windows sekarang dipindah ke tabs (misalnya Add-On Manager). Ada juga fitur baru yang dinamakan App Tabs di mana Firefox menggambarkannya sebagai “tab kecil konsisten yang ditempatkan di sisi kiri tab srip” berguna untuk “aplikasi-aplikasi yang Anda mau biarkan terbuka” seperti Pandora atau Gmail. Ini sesuatu yang sudah dikerjakan oleh beragam extension, tapi menyenangkan jika hal ini sudah terintegrasi dari sananya. Kotak-kotak pemberitahuan untuk hal-hal seperti http authentification, geo location, dan password manager sekarang menggunakan panel dan akan muncul di bawah URL box di dalam tab; menjadikannya lebih mudah untuk diperhatikan, dihilangkan, dan melakukan undo command dan task.

2) FIREFOX/MENU BUTTON

Untuk saat ini hanya tersedia untuk Windows Vista dan 7, menu button yang tradisional sekarang berbentuk button berbentuk pil jingga yang menyimpan semua command yang penting. Mereka tidak begitu terintegrasi seperti Chrome, tapi sebagian besar pilihan (print, share, customize) bisa diakses dengan sekali klik.  Bicara tentang sekali klik, stop dan reload button sudah digabung menjadi satu dan bookmarks toolbar juga sekarang menjadi satu single button. Mozilla mengatakan fitur ini belum selesai (beberapa command dan visual style masih belum tersedia) jadi jika Anda menemukan diri Anda menjadi frustasi karena ini, cukup tekan tombol Alt untuk mengembalikan option ke posisi semula mereka.

3) HTML 5

Jelas sekali Mozilla memandang jauh ke depan dalam hal ini, Mozilla tidak hanya menyediakan native support untuk format video HD HTML5 Web M, tapi juga mendukung untuk HTML5 control form dan HTML5 parser yang baru. HTML5 parser yang baru menggantikan yang sudah ada dan usang, Gecko parser dan seharusnya menjadikan Firefox lebih cepat dan lebih kompatible dengan perkembangan web yang akan datang. Di sisi developer, HTML5 parser berarti browser ini mampu menggunakan SVG dan MathML yang terdapat di dalam HTML5 pages.

4) CSS

Sementara transisi CSS baru sebagian saja yang didukung, visited selectors sudah diubah untuk memblokir situs-situs yang hendak memeriksa browsing history seorang pengguna. Firefox 4 juga melakukan perbaikan untuk empat cacat dalam beberapa standar web tertentu yang berpotensi mengekspos browser history seorang pengguna.

5) ADD-ON MANAGER

Ini merupakan tambahan yang paling populer  – karena kustomisasi penting bagi para penggemar Firefox, menjadikannya masuk akal untuk menyediakan cara yang lebih mudah bagi mereka untuk mengatur add-ons. Add-On Manager sekarang dibuka di dalam tab bukan lagi window dan sudah didesain untuk membuat pencarian plug-ins sangat mudah. Para pengguna Beta juga bisa menggunakan Add-On Compatibility Reporter untuk menguji kekompabilitasan add-ons favorit mereka.

6) HADIAH KEHORMATAN

CRASH PROTECTION – fitur ini sudah tersedia untuk para pengguna Windows dalam versi sebelumnya, tapi sekarang diperluas untuk para pengguna OS X dan Linux. Dengan Out of Process Plug In (OOPP), fitur ini melindungi browser dan sistem operasi dari plug-in crash, jadi sebuah crash hanya akan mempengaruhi tab tersebut  – tidak mempengaruhi browser secara keseluruhan.
WEBGL – meski posisi defaultnya selalu off, open standard software membantu Firefox untuk menampilkan konten 3D. Sekali lagi, Mozilla memandang jauh ke depan untuk fitur ini, sebagaimana kehadiran 3D semakin meningkat dalam industri ini.
7) BONUS UNTUK PARA DEVELOPER

LAZY FRAME CONSTRUCTION – membantu mempercepat proses render halaman-halaman web yang dinamis.
WEBSOCKETS – sebuah API yang sederhana, bidirectional yang memungkinkan aplikasi berdasarkan web untuk mengakses server menggunakan arbitrary protocol.
JETPACK SDK – didesain untuk membantu membuat add-ons yang tidak memerlukan re-start untuk instalasinya.

View Source: MaximumPC

This entry was posted in browser, FEATURE, firefox 4, fitur, mozilla. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s